Pengaruh Personal Selling Presenter dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah di Politeknik LP3I Bandung

Authors

  • Hamdani

DOI:

https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i1.234

Keywords:

Personal Selling, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian

Abstract

Studi ini meneliti tentangpersonal selling yang dilakukan oleh presenter dan kelompok referensi terhadap keputusan kuliah di Politeknik LP3I Bandung.Kegiatan promosi dan keputusan kuliah yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah parasiswa baru Politeknik LP3I Bandung. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini diantaranya: (1) Bagaimana kegiatan personal selling dan kelompok referensi terhadap keputusan kuliah pada Politeknik LP3I Bandung, (2) Seberapa besar pengaruh personal selling yang dilakukan oleh presenter dan kelompok referensi terhadap keputusan kuliah di Politeknik LP3I Bandung. Penelitian ini dilakukan melalui survey dengan menyebarkan kuesioner kepada para mahasiswa baru Politeknik LP3I Bandung.Pengambilan sampel sebanyak 91 responden dilakukan dengan metode cross sectional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini dalam melakukan pengujian hipotesis statistik adalah dengan menggunakan analisis jalur
(path analysis)dan menggunakan alat bantu SPSS 17.0.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa bauran promosi dan kelompok referensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kuliah di Politeknik Bandung baik secara simultan maupun parsial, dengan kontribusi sebesar 50,6%. Secara parsial pengaruh bauran promosi terhadap keputusan kuliah sebesar 0,336 lebih dominan dibandingkan dengan pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan kuliah sebesar 0,167.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Saleha and Amir Gulzar. 2011. Impact Of Perceived Value On Word Of Mouth Endorsement And Customer Satisfaction: Mediating Role Of Repurchase Intentions. International Journal ofEconomics and Management Sciences Vol. 1, No. 5, 2011, pp. 46-54

Arikunto, Suharmini.2003, Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Anastasia, A. & Urbina S., 1998, Tes Psikologi (edisi Bahasa Indonesia), Jakarta: PT Prehalindo.

Bachrudin, Achmad & Harapan L Tobing.2003. Analisis Data untuk Penelitian Survey dengan Menggunakan Lisrel 8Dilengkapi Contoh Kasus, Jurusan Statistika, FMIPA UNPAD, Bandung.

Buchari Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung Alfabeta,

Djsalim, Saladin. 2004, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian, Bandung, Linda Karya.

Erwin Rediono Tan. 2011. Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen untuk Belanja di Alfamart Surabaya. Jurnal Kewirausahaan Volume 5 Nomor 2, ISSN. 1978-4724

Evanina Sianturi, Erida, dan Ade Titi Nifit. 2012. Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Menggunkan Balckberry.Jurnal Manajemen, Vol 1, No. 2, ISSN:2302-4682

Frank, Jefkins. 2004. Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta, Erlangga.

Frouzan Far, Mohammad Hassan, Sorayya Meimar, and Faezeh Tagipour. 2012. The Role Of Reference Groups On Student's Cultural Values.Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business.

Gitosudarmo, Indriyo, 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan 6, BPFE, Yogyakarta.

Hermawan Kertajaya, 2002, Marketing Plus 2000, Siasat Memenangkan

Persaingan Global.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Jalalkamali, M., Nikbin, D., 2010. The Effects of Motivation on Purchase decision, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research Business, Vol. 2 No.8

Kerlinger, Fred and Howard Lee, 2000. Foundations of Behavioral Research New York: International Thomson Publishing.

Kotler, Philip, 2003, Marketing Management, 11th edition, Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, P. and Keller, K.L., 2009, Marketing Management, 13th edition, Upper Saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc

Kotler, Philip dan Keller, 2012, Marketing Management, Prentice Hall International, Inc.A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632.

Lovelock, Christopher H. dan Wright, Lauren K., 2002, Principles of Service, Marketing and Management, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Malcon Mc Donald, 2009, A Marketing Communications Framework for Small Political Parties in Developed Countries, Marketing Intelligence & Planning.S

Malhotra, N.K. 2004.Marketing Research: An Applied Orientation.4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

McDaniel, Lamb, Hair. 2001. Pemasaran. (edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Pentina, Iryna. 2008. The Role Of Virtual Communities As Shopping Reference Groups. Journal of Electronic Commerce Research, VOL 9, NO 2

Ran Jin and Weeramon Punpanich. 2011. Influence of gender difference in reference group on Smartphone users’ purchasing decision-making process. International Marketing and Brand Management, Lund University, School of Economics and Management

Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk. 2000.Consumer Behavior, 7thEdition. Upper Saddle River. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sevilla, Consuelo et, Al. 1998. Pengantar Metode Penelitian.Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Smadi, Ziad Moh’d Ali, Bahjat Eid Al-jawazneh. 2011. The Consumer Decision Making Styles of Mobile Phones among the University Level Students in Jordan. International Bulletin of Business Administration ISSN: 1451-243X Issue 10 (2011).

Sony Harsono, Asep Muslihat, dan Tony Setiawan.2013. Analisis Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Lembaga Pendidikan Speaking Karawang.Jurnal Manajemen Vol. 10, Nomor 3.

Stephen Shaw, 2011, Airlenes Marketing and Management, Seventh Edition,Printed and Bound in Great Britain by The MPG Book Group, UK.

Sugiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2006, Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sumarwan, Ujang, 2003, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: MMA-Ghalia Indonesia

Swastha Basu DH dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi Pemasaran. Yogyakarta, Andi Offset.

Yee, Audrey Sin Lye and Keoy Kay Hooi. 2011. Consumer Decision-Making Behavior Critical Factors: An Exploratory Study. International Conference On Management (Icm 2011) Proceeding.

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Saleha and Amir Gulzar. 2011. Impact Of Perceived Value On Word Of Mouth Endorsement And Customer Satisfaction: Mediating Role Of Repurchase Intentions. International Journal ofEconomics and Management Sciences Vol. 1, No. 5, 2011, pp. 46-54

Arikunto, Suharmini.2003, Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Anastasia, A. & Urbina S., 1998, Tes Psikologi (edisi Bahasa Indonesia), Jakarta: PT Prehalindo.

Bachrudin, Achmad & Harapan L Tobing.2003. Analisis Data untuk Penelitian Survey dengan Menggunakan Lisrel 8Dilengkapi Contoh Kasus, Jurusan Statistika, FMIPA UNPAD, Bandung.

Buchari Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung Alfabeta,

Djsalim, Saladin. 2004, Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian, Bandung, Linda Karya.

Erwin Rediono Tan. 2011. Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen untuk Belanja di Alfamart Surabaya. Jurnal Kewirausahaan Volume 5 Nomor 2, ISSN. 1978-4724

Evanina Sianturi, Erida, dan Ade Titi Nifit. 2012. Pengaruh Kelompok Referensi dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Menggunkan Balckberry.Jurnal Manajemen, Vol 1, No. 2, ISSN:2302-4682

Frank, Jefkins. 2004. Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta, Erlangga.

Frouzan Far, Mohammad Hassan, Sorayya Meimar, and Faezeh Tagipour. 2012. The Role Of Reference Groups On Student's Cultural Values.Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business.

Gitosudarmo, Indriyo, 2000. Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan 6, BPFE, Yogyakarta.

Hermawan Kertajaya, 2002, Marketing Plus 2000, Siasat Memenangkan

Persaingan Global.PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Jalalkamali, M., Nikbin, D., 2010. The Effects of Motivation on Purchase decision, Interdisciplinary Journal of Contemporary Research Business, Vol. 2 No.8

Kerlinger, Fred and Howard Lee, 2000. Foundations of Behavioral Research New York: International Thomson Publishing.

Kotler, Philip, 2003, Marketing Management, 11th edition, Prentice Hall, New Jersey.

Kotler, P. and Keller, K.L., 2009, Marketing Management, 13th edition, Upper Saddle River, N.J.: Pearson Education, Inc

Kotler, Philip dan Keller, 2012, Marketing Management, Prentice Hall International, Inc.A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632.

Lovelock, Christopher H. dan Wright, Lauren K., 2002, Principles of Service, Marketing and Management, Prentice Hall Inc., Upper Saddle River, New Jersey.

Malcon Mc Donald, 2009, A Marketing Communications Framework for Small Political Parties in Developed Countries, Marketing Intelligence & Planning.S

Malhotra, N.K. 2004.Marketing Research: An Applied Orientation.4th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

McDaniel, Lamb, Hair. 2001. Pemasaran. (edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Pentina, Iryna. 2008. The Role Of Virtual Communities As Shopping Reference Groups. Journal of Electronic Commerce Research, VOL 9, NO 2

Ran Jin and Weeramon Punpanich. 2011. Influence of gender difference in reference group on Smartphone users’ purchasing decision-making process. International Marketing and Brand Management, Lund University, School of Economics and Management

Schiffman, Leon G. dan Lesli Lazar Kanuk. 2000.Consumer Behavior, 7thEdition. Upper Saddle River. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.

Sevilla, Consuelo et, Al. 1998. Pengantar Metode Penelitian.Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Smadi, Ziad Moh’d Ali, Bahjat Eid Al-jawazneh. 2011. The Consumer Decision Making Styles of Mobile Phones among the University Level Students in Jordan. International Bulletin of Business Administration ISSN: 1451-243X Issue 10 (2011).

Sony Harsono, Asep Muslihat, dan Tony Setiawan.2013. Analisis Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Lembaga Pendidikan Speaking Karawang.Jurnal Manajemen Vol. 10, Nomor 3.

Stephen Shaw, 2011, Airlenes Marketing and Management, Seventh Edition,Printed and Bound in Great Britain by The MPG Book Group, UK.

Sugiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2006, Statistika untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sumarwan, Ujang, 2003, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: MMA-Ghalia Indonesia

Swastha Basu DH dan Irawan, 2005, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008, Strategi Pemasaran. Yogyakarta, Andi Offset.

Yee, Audrey Sin Lye and Keoy Kay Hooi. 2011. Consumer Decision-Making Behavior Critical Factors: An Exploratory Study. International Conference On Management (Icm 2011) Proceeding.

Downloads

Published

2019-06-28

How to Cite

Hamdani. (2019). Pengaruh Personal Selling Presenter dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Mahasiswa Untuk Kuliah di Politeknik LP3I Bandung . ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 5(1), 98–115. https://doi.org/10.38204/atrabis.v5i1.234